Selasa, 10 September 2013

CU Botuh Bosi dan POAC-nya


1.    Latar Belakang CU Botuh Bosi
            CU Botuh Bosi merupakan koperasi yang bergerak dibidang simpan-pinjam. CU Botuh Bosi ini berlatar belakang keanggotaanya yang merupakan rata-rata petani namun aset mencapai 1 milyar lebih dengan keanggotaanya yang masih sedikit yaitu 381 anggota pada tahun 2012 . Hal ini dikarenakan para pengurus yang berkerja keras untuk menyukseskan program kerja CU itu sendiri (kegiatan planning yang mantap).
            Pada saat mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), pengurus CU Botuh Bosi melaporkan pertanggungjawaban pengurus kepada anggota. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi program kerja tahun sebelumnya,  pembagian SHU dan melaporkan program kerja tahun yang akan datang serta mengevaluasi staf kepengurusan (kegiatan organizing). Pada kesempatan ini, panitia RAT memberikan hadiah berupa undian hadiah kepada anggota  maupun kepada pengurus CU yang berprestasi, dalam hal ini hadiah diberikan kepada anggota tertentu yang rajin menabung dan mengansur tepat waktu serta kepada pengurus yang disiplin dalam berkerja maupun yang rajin masuk kantor. Upaya ini dilakukan untuk memotivasi setiap anggota dan pengurus, demi tercapainya tujuan dari CU Botuh Bosi itu sendiri yaitu untuk mensejahterakan anggotanya (kegiatan actuating).
            Untuk mencapai tujuan itu, maka diadakanlah sistem pengawasan dalam manajemen yang berfungsi untuk mengawasi setiap anggota maupun pengurus yang mungkin nakal dalam menjalani hak dan keawajiban sebagai anggota CU (kegiatan controling). Yaitu misalnya, mengawasi dan mengevalusi setiap bulan terhadap anggota yang meminjam apakah anggota tersebut menunggak dalam membayar angsurannya, serta bagi staf pengurus yang lalai dalam menjalani tugasnya akan diberikan sangsi. Apabila terdapat anggota yang tidak membayar, maka akan diberikan teguran tertulis. Apabila masih tidak mau untuk membayar tunggakannya maka akan berlanjut dengan penarikan jaminan pinjaman atau penarikan  aset berharga yang dijaminkan oleh si peminjam. Bagi pengurus yang lalai dalam menjalankan tugasnya dapat secara langsung dipecat melalui persetujuan rapat anggota.

2.    Hubungan dengan Teori Manajemen
            Berdasarkan uraian dari latar belakang CU Botuh Bosi tersebut, saya dapat menemukan aplikasi teori dalam manajemen. Teori yang sesuai menurut saya adalah teori yang dikemukakan oleh  George R. Terry, yaitu pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
            Pada dasarnya tujuan dari CU Botuh Bosi ini sendiri adalah untuk mensejahterakan anggotanya, melalui kegiatan simpan-pinjam akan diberikan bunga simpanan dan pinjaman. Pemberian bunga ini secara tidak langsung menjadi pendapatan  bagi CU Botuh Bosi itu sendiri. Pendapatan  inilah yang ingin diperoleh, yang kemudian digunakan untuk kegiatan operasional CU Botuh Bosi. Untuk mencapai kesejahteraan itu maka dibentuklah dalam rumusan yang sesuai dengan fungsi manajemen menurut George R. Terry, yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Controlling.
            Dari segi Planning, CU Botuh Bosi telah menetapkan Program Kerja Pengurus pada saat RAT berlangsung yang disampaikan oleh pengurus. Adapun bentuk Program Kerja Pengurus Tahun 2013 ini berupa, proyeksi anggota, pendidikan bagi anggota, pendidikan bagi aktivitis, proyeksi keuangan, proyeksi sumber pendapatan dan biaya-biaya.
            Dari segi Organizing, CU Botuh Bosi dalam RAT telah menetapkan bentuk kepengurusan oleh anggota CU sendiri pada setiap 4 tahun sekali. Adapun hasil yang telah dicapai dalam pembentukan kepengurusan CU Botuh Bosi terdiri dari, Dewan Pimpinan berjumlah 5 orang, Badan Pengawas 3 orang, Bagian Kredit 3 orang, Bagian Pendidikan 3 orang dan Manajemen 2 orang serta Kolektor atau Koordinator Wilayah 3 orang. Adapun susunan pengurus  CU Botuh Bosi Periode 2009-2013 adalah sebagai berikut;
Bagian kredit
1.     Ketua
2.     Sekretaris
3.     Anggota
Manajemen
1.     Manajer
2.     staff
Bagian pendidikan
1.     Ketua
2.     Sekretaris
3.     Anggota


Koordinator wilayah
1.     Koordinator 1
2.     Koordinator 2
3.     Koordinator 3
 





            Dari segi Actuating, karena CU Botuh Bosi bergerak dibidang koperasi simpan-pinjam, maka pimpinan harus mampu menggerakan dan mengarahkan para stafnya supaya tercapainya kesejahteraan anggota. Dalam RAT setiap anggota diberikan balas jasa berupa pembagian SHU atau deviden yang sesuai dengan besarnya modal atau pinjaman anggota itu sendiri. Pemberian balas jasa ini diatur sesuai dengan aturan dalam RAT.  Pada saat RAT, pemberian hadiahpun diberlakukan oleh pengurus kepada anggota yang aktif dalam menabung dan mengangsur, supaya para anggotanya lebih aktif dan yang belum aktif dapat menjadi aktif, biasanya dilakukan dengan undian.
            Sedangkan dari segi Controlling,   pengurus CU Botuh Bosi  mengadakan rapat internal pengurus, dengan agenda membicarakan perkembangan, mengevaluasi kegiatan pengurus, pengawas dan manajemen, serta membicarakan perkembangan anggotanya dalam menyimpan atau mengangsur. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah anggota sudah memenuhi kewajibannya untuk membayar utangnya,  namun apabila terjadi penunggakan utang,  pengurus melalui bagian kredit dapat melakukan tindakan yang tegas terhadat anggota, dengan mengirim surat pemberitahuan penunggakan. Untuk  itu sistem kepengurusan yang ditunjuk adalah orang yang benar mempunyai kemampuan dan pengalaman sehinga melalui CU Botuh Bosi ini diharapkan anggota menyadari akan pentingnya kebersamaan, pendidikan dan solidaritas sehingga terciptanya masyarakat yang sejahtera.

2 komentar:

  1. Halo,
     Saya adalah Mr.ALEXANDER ROBERT, dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM, ini adalah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi bisnis yang lebih baik, perusahaan pinjaman pinjaman, Diberikan dan diberi lisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan. rendahnya tingkat manfaatnya sebanyak 2%.

    Saya adalah Tuan ALEXANDER ROBERT, akan memberikan penghormatan saya kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda terserah Anda, itu juga tidak akan berakhir di sana, kami memiliki tim ekspat yang mengerti hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan tip yang akan membantu Anda mengelola investasi Anda sehingga Anda menginvestasikan pinjaman Anda, jadi Anda tidak lagi bangkrut dalam hidup Anda dan tawaran menakjubkan ini hadir dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email alexanderrobertloan@gmail.com

    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman pribadi
    * Amankan Pinjaman
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan pinjaman
    Pinjaman pinjaman
    Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman siswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Otomatis
    * Resolusi Pinjaman
    Pinjaman Pembangunan
    Pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Penunjukan salah

    Silahkan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui e-mail:
    alexanderrobertloan@gmail.com

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih,
    Mr ALEXANDER ROBERT (alexanderrobertloan@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Maret 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus